B2B & B2C



Image result for B2B B2C
B2C (Bussiness to Consumer)
Pengertian B2C
              B2C (Business to Consumer) adalah bentuk jual-beli produk atau jasa yang melibatkan perusahaan penjual dan konsumen akhir yang dilakukan secara elektronis. Atau lebih tepatnya B2C adalah suatu aktivitas E-Businesses dalam pelayanan secara langsung kepada konsumen melalui barang atau jasa yang dapat diistilahkan dengan transaksi pasar.
Terdapat beberapa perusahaan yang melayani B2C antara lain :
a.      Amazon (www.amazon.com)
b.      Cisco (www.cisco.com)
c.       www.blackberry.com
d.      www.apple.com
e.      www.nokia.co.id
f.        www.toyota.co.id
Beberapa Kelebihan dari B2C adalah sebagai berikut :
1.      Konsumen dapat mempelajari produk yang ditawarkan yang telah dipublikasi pada media internet
2.      Membeli dengan elektronik cash dan system secure payment
3.      Meminta agar barang yang dipesan dapat dikirimkan pada pihak yang terkait (delivery) yang tentunya dengan biaya yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak
4.      Harga yang diajukan masih bisa dinegosiasikan serta dapat dilakukan dengan mudah dan cepat dikarenakan kita cukup mengakses suatu website tertentu.
5.      Media pemayaran yang digunakan berupa kartu kredit
Manfaat B2C terhadap travel and tourism yaitu :
1.      Mempermudah dalam memberikan informasi antara pemilik travel dan calon customer mengenai semua hal yang berhubungan dengan travel (seperti harga tiket, harga hotel, dll)
2.      Memberikan akses yang mudah kepada calon wisatawan tentang informasi daerah wisata yang akan mereka kunjungi
3.      Membantu pemilik travel untuk mengembangkan bisnisnya karena pemilik travel bisa mendesign tampilan web yang menarik dan berkualitas sehingga mampu menarik konsumen lebih banyak
4.      Memberikan gambaran singkat tentang lokasi dan pemandangan yang berada di tempat tujuan objek wisata.
Beberapa Karakteristik B2C sebagai berikut :
a.      Terbuka untuk umum, dimana informasi disebarkan ke umum
b.      Servis yang diberikan bersifat umum dengan mekanisme yang dapat digunakan oleh khalayak rama. Sebagai contoh, karena system web sudah umum digunakan, maka servis diberikan dengan menggunakan basis web.
c.       Servis diberikan berdasarkan permohonan (on demand). Consumer melakukan inisiatif dan produser harus siap memberikan respon sesuai dengan permohonan
d.      Pendekatan client sering digunakan di mana diambil asumsi client menggunakakn system yang minimal (berbasis web) dan processing (business procedure) diletakkan di sisi server

B2B (Business to Business)
B2B adalah transaksi antara institusi bisnis dengan institusi bisnis lainnya. Contoh : pabrikan berbisnis dengan distributor, pabrikan dengan suatu perusahaan agen pemasaran, atau distributor dengan agen penjualan, atau perusahaan retail yang menjual langsung kepada konsumen.
Untuk memfasilitasi kegiatan B2B melalui internet dan meningkatkan volume bisnis, sekaligus branding dan marketing, dibutuhkan inimal 2 komponen berikut :
1.      Website Bisnis atau Website Perusahaan
Perusahaan setogyanya sudah memiliki website untuk memasarkan produk atau jasanya dan sekaligus branding bisnisnya.
Website merupakan alat yang sangat efektif untuk merepresentasikan bisnis anda ke seluruh dunia, yang kapanpun bisnis anda dapat dibaca, didengar, dilihat oleh pengguna internet di seluruh dunia.
Dengan investasi yang sangat murah, bisnis anda akan dikenal dan meningkatkan sales dan branding tentunya, hal ini dengan asumsi bahwa website anda berpenampilan “corporate”, tidak murahan dan informasi yang disajikan dalam website anda memang relevan dengan yang dibutuhkan bisnis maupun perorangan dan selalu up-to-date, artinya website anda selalu di maintain atau di manage dengan baik.
2.      Email Bisnis
Pada akhir tahun 90-an perusahaan mulai menggunakan email gratis seperti yahoo.com, Hotmail, dll. Pada waktu itu, masih lumrah dan acceptable untuk menggunakan email gratisan untuk bisnis. Namun, sekaran ini (2010) citra dari sebuah bisnis tidak lebih baik dibandingkan dengan menggunakan email bisnis (email perushaan). Mengapa? Karena meskipun anda menggunakan yahoo (misalkan) yang berbayar, tetap saja orang akan menganggan email anda gratis. Lalu, dengan menggunakan email gratisan untuk bisnis, pencitraannya sudah menurun dikarenakan banyak digunakan untuk spamming, email-email yang menawarkan jasa atau produk yang notabene kebanyakan digunakan perorangan.
              Untuk itulah, sangat disarankan bagi anda pemilik bisnis, baik bisnis kecil maupun menengah untuk memulai menggunakan email bisnis dengan nama domain perusahaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komputasi Pervasive